Sejarah Singkat Desa

SEJARAH SINGKAT DESA*)

Desa Cibeureum merupakan desa yang berada dalam lingkungan kerajaan Talaga Manggung. Setelah berakhirnya kerajaan Talaga Manggung, seperti desa-desa yang lainnya mendirikan pemerintahan desa masing-masing. Pada umumnya wilayah dikerajaan Talaga Manggung sudah mulai memeluk agama islam, hal ini dikarenakan Kerajaan Talaga Manggung Sudah mulai memeluk agama Islam. Selain itu ditambah adanya Pengaruh dari kerajaan Cirebon yaitu Rd. Surawijaya bin Rd. Arya Saca Dilangga (Dalem Pasarean) yang datang ke Desa Cibeureum sebagai tokoh penyebar agama Islam di Desa Cibeureum membuat penduduk desa Cibeureum sangat kental dengan ajaran islam.

Pada awal berdiri Desa Cibeureum dipimpin oleh seseorang yang bernama Mas Kuwu yang masa kepemimpinannya tidak diketahui.

Adapun tampuk kepemimpinan Desa Cibeureum yang diketahui dari awal mula berdiri sampai dengan sekarang adalah sebagai berikut:

  • Mas Kuwu
  • Bungkat
  • Kalam
  • Rd. Tjakra Widjaja
  • Rd. Slamet (1945-1962)
  • M. Dudin (1964-1980)
  • Supendi (1980-Sekarang)

*)Dari berbagai sumber/tokoh

4 pemikiran pada “Sejarah Singkat Desa

  1. kata orang orang tua dulu,sbg cikal bakal terbentuknya desa yg lbh luas dr desa cibeureum adalah kp dukuh.benarkah? klo benar,ceritain dong riwayat nya

    1. kampung dukuh, yang berada sebelah utara desa,merupakan bagian desa cibeureum,bukan cikal bakal desa cibeureum,yang tercatat dalam sejarah kampung dukuh cibureum adalah cikal bakal perkembangan agama islam sebagai buktinya situs situs peninggalannya masih ada,yaitu makam almagpuroh KH Muhammad ilyas, yang setiap taun melaksanakan haul,dan yang menghadirinya adalah para ulama dan pimpinan pesantren yang berada di sekitaran majalengka,dan ciamis pelaksanaanya setelah melakukan haul di Syekh paqih ibrahim cipager,yang merupakan silsilah keturunanannya…untuk silsilah akan di potingkan dalam postingan yang lain

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s